Mengulas Seputar 6 Prestasi Timnas PSSI di Ajang Sepak Bola Internasional

Prestasi Timnas PSSI atau Timnas Indonesia oleh masyarakat sering dianggap masih nihil, padahal kalau mengulik sejarah ternyata malah sebaliknya. Timnas Indonesia bahkan tercatat sempat beberapa kali dalam tahun-tahun tertentu menorehkan prestasi tidak hanya di ajang sepak bola se-Asia melainkan internasional atau tingkat dunia. Anda yang mengaku warga negara Indonesia tentu musti melirik dan mengetahui sejarah sepak bola di tanah air dan tidak hanya sibuk belanja online atau berburu gosip di internet.

Timnas Indonesia

Prestasi Timnas Indonesia di Ajang Internasional

Agar mengenal prestasi apa saja yang berhasil diukir oleh pemain sepak bola tanah air, maka Anda musti membaca kilas balik sejarah sepak bola sejak beberapa dekade yang lalu. Berikut merupakan rangkaian prestasi membanggakan tersebut:

  1. Prestasi di Piala Dunia 1938,

Pada Piala Dunia 1938 diadakan di Perancis dan masa tersebut Indonesia masih menjadi jajahan Hindia Belanda. Meski bukan mewakili Indonesia namun faktanya keseluruhan pemain merupakan orang pribumi dan sukses menyabet juara. Menjadi prestasi yang sangat membanggakan karena selain menjadi juara juga menjadi negara di Asia yang tampil di Piala Dunia.

  1. Prestasi di Olimpiade 1956,

Prestasi sepak bola tanah air kembali ditorehkan pada ajang Olimpiade 1956 yang kala itu diselenggarakan di Melbourne, Australia. Timnas Indonesia dilatih oleh orang asal Yugoslavia bernama Toni Pogacknik, yang meski pada Olimpiade tersebut tidak menyabet juara. Namun berhasil mengukir prestasi dengan menyamakan skor sama-sama 0 melawan Uni Soviet. Pada masa tersebut Rusia atau Uni Soviet dikenal sebagai raksasa sepak bola, berhasil membuatnya tidak mencetak gol adalah prestasi membanggakan.

  1. SEA Games tahun 1991,

Ajang SEA Games di tahun 90-an memang menjadi masa keemasan untuk bidang olahraga di Indonesia. Sebab selain prestasi dari cabang Bulutangkis, cabang sepak bola pun mendapatkan prestasi yang membanggakan. Salah satunya melalui SEA Games 1991 yang diadakan di Manila, Filipina. Lewat ajang tersebut Timnas PSSI atau Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas dan menjadi juara setelah mengalahkan Thailand di babak final.

  1. Prestasi di ajang Piala Asia 1996,

Melalui Piala Asia 1996, Indonesia berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya masuk ke ajak sepak bola Asia. Pertandingan imbang melawan Kuwait dengan skor 2-2 di Uni Emirat Arab menjadi prestasi membanggakan. Sebab Kuwait sebelumnya dikenal sebagai lawan tangguh dan berhasil menjadi juara di ajang Piala Teluk. Menariknya lagi, Widodo Cahyono Putra berhasil menjadi pencetak gol terbaik di ajang tersebut.

  1. Ajang Piala Tiger 2004,

Pada Piala Tiger tahun 2004 memang Timnas Indonesia berhasil dikalahkan oleh Singapura di pertandingan final. Namun di babak semi final ketika melawan Malaysia, Indonesia berhasil mencetak prestasi membanggakan. Dalam pertandingan tersebut di leg pertama yang diadakan di Indonesia sempat kalau dengan skor 2-1. Kemudian di bawah ketangkasan Boas Salossa, saat leg kedua di kandang Malaysia berhasil mencetak kemenangan telak 4-2.

  1. Prestasi di Piala Kemerdekaan 2008,

Tahun 2008 memang krisis tengah melanda PSSI sehingga kondisi sepak bola tanah air bisa dikatakan terpuruk. Namun di ajang Piala Kemerdekaan Timnas kembali sukses menorehkan prestasi dengan kemenangan 1-0 melawan Libya di semi final. Kemenangan tersebut tentu mengantarkan Indonesia masuk ke pertandingan final namun kemudian memilih mundur. Meski tidak melanjutkan pertandingan sampai final namun Timnas PSSI sukses dianggap juara terlebih ketika kondisi sepak bola tanah air memburuk.

Categories:

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *