Bagaimana Bersiap-Siap Dan Bertahan Dengan Mati Listrik

Anda mungkin tahu perasaan yang tidak menyenangkan saat kilat dan petir menyambar langit, Anda dan keluarga akan berkumpu di rumah agar tetap aman atau di tempat berlindung yang terdekat dan tanpa ada peringatan sebelumnya, tiba-tiba listrik Anda padam. Setelah itu, ahli dan tukang listrik dari perusahaan listrik tidak dapat memastikan waktu kapan listrik akan kembali menyala. Apa yang Anda harus lakukan? Anda bisa saja menggunakan genetor agar listrik rumah kembali menyala. Namun, biaya generator sangatlah mahal sehingga mungkin hanya sedikit orang yang bisa memilikinya. Jika badai datang dan Anda harus menghadapi hari atau bahkan minggu tanpa listrik, langkah ini akan membuat Anda bisa melewati kejadian ini.

Sejasa Tukang Listrik

Rencanakan lebih dulu

Ketika badai yang besar menghantam kota, ketersediaan air, makanan, lampu darurat, dan barang-barang penting lainnya akan menipis. Simpan sebanyak-banyaknya barang dan kebutuhan yang Anda butuhkan sebisa mungkin sehingga Anda tidak akan mengalami kelangkaan.

Membuat atau membeli ekstra es

Ketika Anda tahu akan ada pemadaman bergilir di daerah Anda untuk waaktu yaang lama, sebaiknya Anda menimbun es sebanyak mungkin yang bisa Anda simpan di kantong atau botol. Es-es ini akan Anda gunakan untuk menjaga susu, daging, sayuran, dan makanan yang tidak tahan lama lainnya di suhu yang aman selama mungkin.

Periksa ketersediaan obat-obatan

Obat-obatan adalah hal yang sangat penting dan harus tersedia di rumah yang sedang tidak teraliri listrik. Hal ini dapat mencegah kelangkaan kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan Anda.

Siapkan kompor minyak atau kompor portable

Jika Anda tidak bisa menggunakan kompor Anda karena tidak adanya energi yang cukup, Anda bisa memasak dengan menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan kompor minyak atau kompor portable. Dengan begini, kebutuhan makanan utama sehari-hari Anda akan tetap terpenuhi.

Jangan memasak di dalam rumah

Anda perlu mengingat jika Anda sudah memiliki akses untuk memasak makanan sendiri, Anda tidak bisa melakukan kegiatan tersebut di dalam rumah. Tidak adanya cahaya akan menyulitkan Anda dan bahkan bisa membahayakan Anda. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan ini di luar rumah.

Tahu dimana Anda meletakkan senter dan lampu emergency

Menyimpan dan tahu tempat menyimpan senter dan lampu emergency Anda satu atau dua buah adalah hal yang sebenarnya sepele namun tidak bisa Anda sepelekan karena barang-barang inilah yang harus Anda pegang ketika semua lampu padam. Pastikan juga daya lampu emergency dan senter Anda terisi penuh agar bisa tahan lama.

Cas ponsel dan barang elektronik lainnya

Ponsel adalah barang yang sangaat penting yang harus tetap hidup pada saat mati listrik. Namun, Anda juga harus menggunakannya sehemat mungkin. Matikan ponsel ketika Anda sedang tidak gunakan. Jika Anda memiliki cas-an mobil, Anda bisa mengisi baterai di mobil ketika diperlukan. Omong-omong soal mobil, Anda juga harus memastikan bahwa bensin mobil Anda penuh.

Jika diperlukan, pemanas atau pendingin ruangan portable

Pendingin ruangan bukan hal yang wajib. Namun, jika Anda memiliki bayi atau anak kecil yang sangat peka terhadap suhu, Anda tidak bisa mengabaikan kebutuhan ini. Oleh karena itu, cobalah perhatikan ketersediaan daya pendingin portable Anda agar anak tidak rewel pada saat mati listrik.

Jangan buang-buang air

Jika air di rumah Anda bergantung pada nyala atau tidaknya listrik, Anda harus bersiap-siap untuk menghemat air sebanyak-banyaknya. Selain menampung air di bak mandi, Anda sebaiknya menampung air di ember-ember yang tersedia karena Anda akan membutuhkan air lebih banyak dari yang Anda kira.

Categories:

Tags: /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *